Jumat, 01 Juni 2012

Memahami otak kanan

Jika kita membahas otak kanan sungguh tidak akan pernah ada ujungnya,,karena otak kanan itu begitu menarik untuk kita bahas ,tema Otak kanan ini sering kali dibawakan dalam seminar-seminar bisnis dan motivasi ,seperti mas Ippho santosa ,Purdi candra dan lain-lain....
          Begitu menariknya pembahasan otak kanan ini sehingga mas Ippho santosa ,salah satu motivator otak kanan yang sangat laris atau diminati oleh masyarakat ,itu tercermin dalam kesibukan sminar-seminarnya di berbagai kota bahkan sampai ke luar negri hingga Malaysia,Australia,Arab Saudi,Mesir,Singapura,dan lain-lain....
         Sungguh sangatlah mulia tugas Beliau dalam mensyiarkan tema otak kanan ini untuk keberkahan kehidupan kita .Disini saya akan mengajak teman-teman untuk sedikit memahami otak kanan itu seperti apa kurang lebihnya ,Artikel ini saya kutip dari Buku Mega bestseller Mas Ippho Santosa yaitu “7 Keajaiban Rezeki “ yang mengungkap keajaiban demi keajaiban rezeki yang di ulas secara otak kanan .
Coba anda perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini :
•    Sejak 1810 Josep Gall telah menemukan bahwa pusat pikiran dan perasaan itu berada di otak . Bukan di hati ,bukan pula di jantung .Dan penemuan ini telah di aminkan oleh pakar di sepanjang zaman .
•    Sejak 1930-an para pakar meyakini bahwa otak kiri adalah otak yang rasional , terkait dengan IQ,sementara itu otak kanan adalah otak emosional yang terkait dengan EQ .
•    Tahukah anda, Otak kanan itu yang menentukan 80% kesuksesan ,lantaran otak kanan itu terkait dengan EQ .
•    Tahukah anda, dengan otak kanan itu lebih membuat anda lebih self-motivated,lebih supel,lebih cerdas emosi,dan lebih awet muda dan ini semua adlah hasil penelitian para pakar .
•    Tahukah anda, menurut Thomas Friedman seorang penulis yang di anugrahi penghargaan pulitzer ,bahwa jika anda ingin mengasah otak kanan anda maka lakukanlah apa yang anda Cintai .
•    Tahukah anda, golongan kanan melakukan sesuatu karena panggilan jiwa ,bukan karena panggilan kerja ,sepenuh hati bukan sepenuh gaji .
•    Tahukah anda, tanpa otak kanan anda tidak lebih dari seonggok prosesor komputer .
•    Tahukah anda,80-85 persen penduduk di bumi ini adalah golongan kiri ,sedangkan 15-20 persen itu golongan kanan ,lagi-lagi ini adalah hasil dari penelitian .
•    Tahukah anda, otak kiri anda akan aktif ketika anda terjaga ,dan sebaliknya otak kanan anda akan lebih aktif ketika anda tidur,karena itulah ketika tidur kemahiran-kemahiran khas kanan seperti ,kreativitas,imajinatif,sintesis dapat bermunculan .
•    Konon dualisme otak inilah yang menjadikan manusia berfikir serba biner ,kiri-kanan,rugi-laba,lambat-cepat,timur-barat,kalah-menang ,walaupun begitu kedua belahan otak kiri dapat bbekerja beriringan  dan saling mendukung .
           Keterangan-keterangan di atas sangat jelas bagi kita bahwa di dalam hidup ini yang sangat menentukan kesuksesan adalah otak kanan kita ,bahkan sampai 80% di tentukan oleh otak kanan kita yang terkait dengan kecerdasan emosional (EQ) .
            Demikianlah penjelasan yang sangat singkat ini ,mudah-mudahan kita dapat jauh lebih memahami tentang pentingnya otak kanan ini dalam hidup,untuk penjelasan kelanjutan dari otak kanan ini ,Insya Allah akan di bahas pada artikel selanjutnya ,Mudah-mudahan Tuhan yang maha Esa dapat memberi hikmah dan hidayah nya untuk saya selalu menulis tentang artikel yang membhasa otak kanan ini .
            Sekian dari penulis ,,,jika sekiranya bermanfaat silahkan meng-copynya dan mnyebarkanya ,namun dengan syarat menuliskan link sumber aslinya ya,,,mudah-mudahan dengan begitu bisa menjadi amal jariyah buat teman-teman ,dan itu menunjukan sikap tanggung jawab yang besar .salam sejahtera selalu.......



0 komentar:

Posting Komentar

Follow by Email