Sabtu, 17 Maret 2012

kisah mahasiswa memulai bisnis dari nol


Pertama ane kenalin dulu bisnis ane, iPLogoDesign, jasa pembuatan logo (brand consulting), bisnis ini nggak ane jalanin sendiri, tapi berdua sama rekan ane, putry. kita berdua sama2 kuliah di Math UI 06
berawal dari rasa malu karena udah gede masih minta duit ortu yg juga berpenghasilaan pas2san. akhirnya ane (indra) dan cewek ane (putry) memutuskan mencari uang sendiri.
pertama kita coba buat ngajar privat. waktu itu kita sama2 dapet tempat privat dan bayaran nya sama, 100rb/2jam. tapi ane cuma bentar, gak lanjut lagi, tinggal putry. dan pernah putry waktu itu lagi gak bisa dateng akhirnya yg punya bimbel marah2 ke putry dan ngeluarin putry. kita kesel juga, tapi ya udah, santai aja. eh ternyata anak yg diajar putry itu tetep mau nya sama putry diajarin nya, akhirnya anak itu keluar dari bimbel dan di les sin sama putry 150rb/2jam. dan pas naek kelas 200rb/2jam. ane sendiri selain mengandalkan gaji aslab di kampus, ane coba iseng maen forex. awalnya lumayan, tapi karena ketamakan ane dan gak bisa kontrol akhirnya loss terus. dan putry sendiri juga udah mule capek ngajar. rumahnya jauh dan pengen free.
dan akhirnya kita coba buka2 web freelancer. dan nemu getafreelancer.com trus nyari project yg disuruh translate bahasa (soalnya kita bisanya itu doang, he), dan pas buka2 project yg laen, nemu project bikin logo,(dalam hati bilang enak banget cuma gambar gitu doang dapet duit lumayan). trus nge bid deh tuh, eh gak dapet terus, ternyata saingan yg nge bid lainnya rata2 pada punya portfolio, ya udah deh kita langsung aja bikin blog gratisan buat link portfolio kita (padahal waktu itu kita belum punya portfolio/contoh2 logo karena emang kita belum pernah bikin dan baru tau dasar2 sotosop, muncul deh ide buat bikin contoh2 logo ngasal buatan sendiri, trus dipajang di blog kita. udah gitu kan blog walking tuh, eh ada yg bilang logo2 buatan kita bagus, disuruh ikut DP, ikutttt, lumayan, disitu ada semacam ajang kompetisi logo gitu, bayarannya kecil, rata2 $30 sampe $50 per project nya, dan udah sempet menang sekitar 6 kali, trus karena ada 1 org indonesia yang liat blog kita dan mesen untuk dibuatkan logo(waktu itu kita masang harga nego, max 500rb), akhirnya kita berpikir untuk ngembangin bisnis logo dari web sendiri secara serius dan gak ikut kompetisi2 lagi, dan kita memutuskan untuk nggak pake blog gratisan lagi, tapi udah web betulan www.iplogodesign.com
Dan alhamdulillah dengan berbagai marketing, lambat laun website kita berhasil meraih banyak pelanggan hingga sekitar 2 bulan kemudian kami ikut young entrepreneur college UI dan mendapat biaya untuk mengembangkan bisnis kita ini dan alhamdulillah juga beberapa waktu lalu tim kita tercatat sebagai finalis business start up award 2010 dan menjadi people choice award.
Walaupun kita masih focus di online tapi alhamdulillah setiap hari ada aja orderan dari berbagai perusahaan. tapi bukan lagi harga nego, minimum 1Jt tapi banyak yg pesan yg 3jt, tergantung paketnya..
Oiya temen2, satu yang mau ane tonjolin di sini, diawal banget kita sama sekali nggak ngeluarin uang, kita ngeluarin uang waktu bikin web aja, itupun setelah kita dapet untung dari blog gratisan, so, jangan pernah takut berbisnis cuma karena alasan modal.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3877519

0 komentar:

Posting Komentar

Follow by Email